FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

items

Resep dan Cara Membuat Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.
Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit. Untuk resep dan cara membuatnya berikut dibawah ini :




Bahan :


  • 300 gram tepung terigu
  • 310 gram gula pasir putih yang bersih
  • 100 gram tepung sagu
  • garam dapur beryodium secukupnya
  • 3 lembar daun pandan segar untuk memberi aroma wangi. cuci bersih dulu sebelum digunakan
  • santan kental 1,5 liter, untuk santan gunakan santan hasil perahan buah kelapa agar hasilnya lebih legit
  • pewarna makanan alami, seperti daun suji, mawar merah dan lainnya.


Cara Membuat :
  1. Sediakan 1 panci dengan ukutan besar kemudian masukkan sekitar 1 liter santan kental kedalam panci kemudian panaskan dengan air kecil. Masukkan beberapa lembar daun pandan yang berguna untuk menjadi penyedap makanan alami dan garam sedikit saja sebagai perasa santan. Kemudian aduk perlahan-lahan hingga santan matang dan mendidih. Dan ingat satu hal jika mengaduk jangan sampai terputus karena bila Anda berhenti sebentar saja, dikhawatirkan santan akan pecah dan membuat adonan menjadi tidak enak.
  2. Setelah itu tuangkan tepung beras kedalam wadah besar, masukkan juga tepung sagu dan gula pasir. Campur ketiga bahan hingga tercampur merata.
  3. Setelah itu masukkan santan yang telah matang kedalam wadah tersebut sedikit-demi sedikit, masukkan santan kedalam wadah secara perlahan sambil diaduk terus menerus.
  4. Setelah adonan tercampur rata, Anda bisa memberikan pewarna untuk kue cubit yang akan Anda buat. Warna tergantung dengan selera.
  5. Setelah tercampur dengan sempurna, kukus adonan tersebut sekitar 11 menit. Cara mengukus adalah tuagkan sedikit saja adonan kue cubit kemudian kukus. Setelah 11 menit pertama adonan matang, cmapurkan lagi adonan berikutnya. Lakukan hal ini hingga adonan habis.
  6. Setelah itu kukus selama 18 menit dengan api kecil agar kue matang dengan sempurna. Bila Anda ingin memberikan topping diadonan terakhir Anda bisa menambahkan mesis, coklat, kacang almon dan beberapa topping lainnya yang Anda sukai.
Demikian resep yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643

Social Media